Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Memanfaatkan Kawasan Hijau, PT LPPPI Sukses Panen Semangka Bersama Petani Binaan

| November 17, 2022 WIB

  


TANJAB BARAT - Upaya pihak PT Lontar Papyrus Pulp & Paper (LPPPI) dalam memaksimalkan pemanfaatan kawasan hijau di sekitar lokasi perusahaan kian menunjukan peningkatan proges yang signifikan.


Perusahaan kawakan yang telah beroperasi puluhan tahun di wilayah Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjab Barat ini kembali unjuk kesuksesan melalui progam pemberdayaan warga sekitar sebagai Petani Binaan Coorporate Sosial & Responbility (CSR).


Progam Petani Binaan yang mulai diseriusi sejak tahun 2020 lalu, kini terus menunjukan hasil positif dan mulai membuahkan hasil yang cukup fantastis.


Petani binaan berhasil membudidayakan berbagai tanaman berkualitas yang menjadi penopang kebutuhan karyawan dan masyarakat seperti Jagung dan buah Jeruk.


Terbaru, Petani Binaan CSR PT LPPPI Sukses menanam buah Semangka yang ditanam diatas lahan kawasan hijau seluas 1,8 Hektar dengan perkiraan panen total mencapai 18 Ton.


Selain berhasil memenuhi kebutuhan pasar lokal, produk petani binaan ini bahkan sukses menembus pangsa pasar luar daerah seperti Jakarta dan juga Batam dengan tetap memberikan harga jual modal yang bersaing dan bervariatif dikisaran Rp 4.000 perkilo.


"Alhamdulillah, kita merasa sangat terbantu dengan adanya pihak perusahaan. Selain menyediakan lahan dan melakukan pembinaan, kita juga mendapat bantuan modal awal untuk memulai usaha ini," tutur Saifudin salah satu Petani binaan saat ditemui awak media disela panen.


Menurutnya, kebijakan pembagian 10% hasil bersih laba penen Semangka yang diambil pihak perusahaan tidak memberatkan petani. Apalagi, pihak Perusahaan juga tetap memberikan bantuan dan tidak meminta ganti modal saat petani terkendala gagal panen dan mengalami kerugian.


"Kami sangat puas. Perusahaan juga sangat perhatian kepada kami. Tentu saja kami pernah gagal tetapi perusahan masih membatu sampai kami sukses seperti ini," timpalnya diamini petani lain.


Sementara Ekternal Affairs And Environmental Protection(EAD) Head PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, H Hermawan DBS, SH MH menjelaskan kesuksesan Petani Binaan tidak terlepas dari peran berbagai pihak yang membantu melakukan pembinaan kepada warga sekitar.


Petani Binaan CSR PT LPPPI juga mendapat perhatian dari kosultan independent yang berupata membantu Petani dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen mereka.


Hermawan juga menegaskan bahwa Pihak Perusahaan bersedia membantu petani dengan tidak mengeluarkan kebijakan yang akan merugikan mereka.


"Insya Alloh tidak akan memberatkan Petani. Selain menyediakan lahan, kita juga memberikan bantuan modal awal melaluo CSR dengan kesepakatan yang menguntungkan petani. Mereka juga kita fasilitasi dalam kegiatan pembinaan untuk meningkatkan hasil panen," tutur H Hermawan usai mengikuti panen semangka bersama Petani Binaan.


Selain melakukan perluasan lahan pertanian petani binaan, Pihak perusahaan juga menegaskan komitmen dalam membantu peningakatan taraf hidup warga sekitar diantaranya dengan progan relokasi agrowisata disekitar kawasan Hijau yang akan direalisasikan dalam waktu dekat. (t/die)

×
Berita Terbaru Update