Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Bukan Penghasil PAD, PDAM Tirta Muarojambi Malah Jadi Beban Milyaran Rupiah Bagi APBD Kabupaten Muarojambi

| April 22, 2022 WIB

 


Muarojambi - Banyak faktor yang membuat PDAM Tirta Kabupaten Muarojambi saat ini tidak sehat, baik, dari sisi pengelolaaan management, SDM maupun keuangan nya.


Padahal bila dilihat dari support pemerintah Kabupaten Muarojambi selama ini, seharusnya kondisi PDAM Tirta Muarojambi sudah sangat baik, pasalnya setiap tahun bukannya sedikit Pemkab rutin selalu menglontorkan dana untuk menunjang pengoftimalan pelayanan PDAM ke masyarakat.


Tak tanggung-tanggung, dalam satu tahun setidaknya ada Rp 1 miliar APBD dikucurkan untuk PDAM.


"Setiap tahunnya Rp 1 miliar kita subsidi ke PDAM," Ucap Sekda Muarojambi, Budhi Hartono.


Lanjutnya, PDAM ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan suplai air bersih kepada masyarakat. Dengan harapan BUMD ini bisa menyumbang pemasukan sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Muarojambi.


Namun pada kenyataannya, bukan mendapatkan PAD, tapi PDAM Tirta Muarojambi hanya menghabiskan APBD saja.


"Ya jangankan dapat PAD, sekarang aja masih disubsidi," kata Sekda.


Permasalahan terbesar di PDAM Muaro Jambi ada pada keuangannya, dimana lebih dari 70 persen pendapatan PDAM itu dihabiskan untuk biaya karyawan.


"Karyawan sudah over load," katanya.


Meski over load, namun sekda tidak ingin karyawan tersebut dikurangi. Dia mau kedepan pelayanan PDAM ditingkatkan agar masyarakat bisa menikmati pelayanan PDAM yang baik.


Sementara itu, Widodo salah seorang  anggota Parpol yang ada di Kabupaten Muarojambi mengatakan, sependapat dengan apa yang disampaikan Sekda Muarojambi, bahkan dirinya menyebutkan bahwa memang sudah saatnya kini PDAM Tirta Muarojambi menjadi sumber pemasukan PAD.


"Karena, sudah terlalu lama sekali membebani  keuangan APBD Kabupaten Muarojambi," Tungkasnya


Andaikan saja bantua dana milyaran rupiah itu bsia dimanfaatkan Pemkab Muarojambi ke hal yang lebih penting sudah pasti sangat bermanfaat sekali.


"Ketimbang, hanya membantu PDAM Tirta Muarojambi agar bisa tetap beroprasional sehingga bisa tetap menggaji ratusan pegawai-pegawai PDAM yang semakin hari semakin banyak saja," Ujarnya


Tetapi pelayan mereka tetap buruk, penyaluran air selalu bermasalah, tagihan air besar tetapi bukan untuk PAD.


"Jadi saya bingung, apa manfaatnya PDAM sekarang ini bagi masyarakat, tolonglah semoga PDAM Tirta Muarojambi ini bisa secepatnya berbenah, jangan rugikan Pemkab dan kemudian Masyarakatlah yang menjadi korbannya," Ungkapnya. (ndi)


×
Berita Terbaru Update