Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Hj. Fadhilah Sadat Hadiri Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tanjabarat 2022

| February 23, 2022 WIB

 


Persroom.com, Tanjabarat - Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat Hadiri Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022 untuk wilayah Betara, Kuala Betara, Tungkal Ilir, Bram Itam, Sebrang Kota dan Pengabuan, Rabu(23/02).


Acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara itu turut dihadiri oleh, Ketua Pokja Paud, Kadis Pendidikan, Para Camat, Para lurah dan Kepala Desa, Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pengelola Paud Kecamatan Betara serta tamu undangan lainnya.


Acara diawali dengan pembacaan naskah pelantikan dan penandatanganan naskah pelantikan oleh Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta dilanjutkan dengan penyematan pin dan pemasangan selempang oleh Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat kepada Bunda Paud Kecamatan dengan diikuti oleh Bunda Paud Desa dan Kelurahan.


Dalam sambutannya, Camat Betara Toni Ermawan, SSTP, M.Si mengatakan bahwa selaku tuan rumah ia mengucapkan terimakasih atas ditunjuknya Kecamatan Betara khususnya Desa Terjun Gajah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ini, karena menurutnya kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan baginya.


“Dengan kegiatan pelantikan Bunda Paud tadi, yang dilakukan oleh Bunda Paud Kabupaten tentunya akan menambah semangat dan motivasi bagi kami, baik sebagai Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan maupun kami selaku camat diwilayah masing-masing tentang bagaimana upaya untuk melimpahkan paud-paud yang ada diwilayah kami.” ucapnya


“Kegiatan-kegiatan Bunda Paud ini sebenarnya sudah lama beraktivitas tetapi bagaimana aktivitas paud-paud yang ada ini bisa berjalan dengan baik dan berjalan dengan lancar tentunya perlu dukungan kita semua.” tambahnya


Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan H. Dahlan, S.Sos, MM bahwa ia berharap dengan telah di lantiknya Bunda Paud Kecamatan, Desa dan Kelurahan ini diharapkan dapat memberikan informasi sampai sejauh mana kegiatan Bunda Paud di Kecamatan, Desa dan Kelurahan ini telah berjalan.


Sementara itu, Mengawali sambutanya Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat mengatakan bahwa peranan Bunda Paud di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini sangatlah penting dan strategis, karena perkembangan dan tumbuh kembang anak itu harus diperhatikan secara optimal.


Fadhilah berharap, kepada Bunda Paud yang baru saja dilantik dapat bekerjasama dalam mengembangkan program Paud di wilayahnya masing-masing dengan penuh rasa dan tanggung jawab serta keikhlasan.


“Memang bunda paud ini jabatan nya hanya sekedar profesi, tidak ada pamrih sama sekali, tetapi anggaplah ini sebagai bentuk pengabdian kita, panggilan jiwa kita dan rasa bentuk kasih sayang kita kepada anak daerah kita sendiri, agar anak itu bisa berkembang dan menunjang pendidikan dikabupaten tanjung jabung barat ini.” Ucapnya


Menurut Fadhilah, pendidikan Paud anak di usia dini itu sangatlah penting, karena pada usia anak 0-6 tahun yang biasa disebut dengan periode emas atau golden age, pada masa inilah tumbuh kembang anak itu diperhatikan dan pada usia inilah karakter anak itu dibentuk.


“Oleh karena itu, ini adalah tugas kita sebagai Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat , akan tetapi ini bukan hanya sekedar tugas Bunda Paud saja tetapi juga harus berkolaborasi bersama para wali murid atau orang tua murid dirumah, karena Ibu itu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.”ungkapnya


Sementara itu, ia juga menegaskan kepada para Bunda Paud yang baru dilantik agar dapat menerapkan, mengarahkan dan memberikan pengertian kepada ibu guru paud dan ibu wali murid agar dapat memperhatikan anak-anaknya dari dunia sosial media atau dunia gadget yang membawa keburukan bagi tumbuh kembang anak dimasa yang akan datang.


Selain itu, ia juga menambahkan bahwa sesuai dengan program Presiden, ia menerapkan Paud Holistic Integratif yaitu dengan tujuan untuk penanganan anak secara utuh dan menyeluruh meliputi bukan hanya sekedar bidang pendidikan saja tetapi juga kesehatan, karena hal ini juga berkaitan dengan angka stunting.


“Dalam mencegah perkembangan angka stunting di kabupaten tanjung jabung barat ini agar menurun, jadi perlu kita tekan angka stunting di kabupaten tanjung jabung barat ini dengan kerjasama Bunda Paud dengan cara menerapkan pola gizi anak.” ujarnya


Sementara itu, Fadhilah juga sampaikan mengenai penanganan perlindungan anak yaitu anak-anak usia dini harus diberikan perlindungan dari kekerasan yaitu diajarkan dengan bentuk kasih sayang dan lemah lembut, jadi menurutnya itulah guna Bunda Paud untuk memberikan pengertian kepada orang tua dirumah agar tidak terjadi diskriminasi, intimidasi atau eksploitasi pada anak.


Fadhilah berharap, kepada Bunda Paud yang baru saja dilantik untuk segera membangun komunikasi kepada pemerintah daerah ataupun kepada pemerintah sebagai pemangku kepentingan di masing-masing wilayah dalam mengembangkan layanan Paud dan Bunda Paud yang Berkualitas dan berdaya saing.


“Selamat kepada bunda paud, marilah sama-sama bekerjasama secara andil dan bersinergi antara Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan paud anak usia dini di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sesuai dengan visi misi program Bupati kita yaitu mewujudkan Tanjung Jabung Barat yang berkualitas.” tutupnya


Acara diakhiri dengan ramah tamah sekaligus foto bersama. ( adv/Ded ) 



×
Berita Terbaru Update