Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Mahasiswa Peternakan Unja Gelar Program Inovasi Desa.

| October 05, 2021 WIB

 

Mahasiswa Peternakan Unja Gelar Program Inovasi Desa.

Jambi - Berafiliasi pada Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, merupakan salah satu sinergi yang baik dalam upaya memajukan peternakan Indonesia, khususnya di Desa Serasah, Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. 


Sedangkan Program Inovasi Desa bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa yang terjun langsung bersama masyarakat, yang nantinya dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat sebagai mitra pendamping, dan sebagai pembelajaran langsung bagi mahasiswa. 


Dari itu, tim Fakultas Peternakan Ujan menghadirkan program Inovasi Desa yang berfokus pada bidang peternakan sapi, terutama pada pengolahan limbah pertanian sebagai pakan ternak kepada masyarakat. 


Salah satunya dengan melakukan fermentasi yang merupakan salah satu teknologi untuk meningkatkan kualitas pakan asal limbah, karena keterlibatan mikroorganisme dalam mendegradasi serat kasar, mengurangi kadar lignin dan senyawa anti nutrisi, sehingga nilai kecernaan pakan asal limbah dapat ditingkatkan (Wina, 2005). 


Selain itu Fermentasi juga dapat dilakukan dengan teknik silase, karena sangat ekonomis dan mudah dikerjakan oleh peternakan.


Seperti yang dilakukan oleh Zainuri Ramadhan HSB bersama 10 anggota lainnya, dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi bersama, pada program inovasi desa.


"Yakni, Bayu Adi Prasetyo, Andriyan Nur Kholiq, Puspita Avriliani, Aril Herya Suhada, Liza Wati, Muhammad Abidin, Refsah Patjria, Muhammad Hafidz Fajri, Fitrah Aditya, dan Bibit," Sebut Zainuri sebagai ketua program itu. 


Sementara itu, Dalam kegiatan sosialisasi ini setidaknya dihadiri 30 peserta, yang diantaranya perangkat desa. Seperti, sekretaris, Babinsa, Ketua kelompok tani, Ketua BPD, Mantri/Inseminator, Dosen Pembimbing, dan masyarakat peternak. 


Respon masyarakat sendiri terhadap program ini sangat baik, hal itu tampak dari antusias masyarakat yang sangat mendukung dengan adanya kegiatan program inovasi desa yang dilakukan oleh tim Fakultas Peternakan Universitas Jambi ini. 


"Saya selaku ketua tim kegiatan inovasi desa meyakini desa serasah akan menjadi sentral peternakan di daerah jambi," Ungkapnya. 


Penulis : Salsa Ayu Amelia

Redaktur : Endi

×
Berita Terbaru Update