Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Ini Cara Mengatasinya

| May 10, 2021 WIB


PERSROOM.COM, - Kulkas atau lemari es menjadi salah satu perangkat elektronik yang hampir dimiliki setiap hunian. Berfungsi menyimpan makanan dan minuman menjadi lebih tahan lama, kulkas harus memberikan hawa dingin untuk proses pengawetan. Akan tetapi, pada masa atau kondisi tertentu, kulkas kemungkinan mengalami permasalahan atau kerusakan, satu di antaranya tidak lagi dingin.

Kulkas yang tidak dingin tentu tidak bisa menyimpan makanan dan minuman menjadi tahan lama sehingga pada akhirnya tidak bisa digunakan. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021), berikut ini ragam penyebab yang membuat kulkas tidak lagi dingin. 

Freon Sudah Habis 

Faktor yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak lagi dingin adalah freon yang sudah habis, dan hal ini sering terjadi. Demi dapat mengalirkan suhu dingin, setiap kulkas membutuhkan freon yang dikonversi menjadi suhu dingin oleh mesin kompresor. 

Freon yang habis bisa disebabkan pemakaian yang sudah lama atau adanya kebocoran pada bagian dalam kulkas. Jadi, untuk memastikannya, kamu perlu bantuan teknisi profesional. 

Karet Pintu Kulkas Sudah Rusak 

Karet pintu kulkas yang kondisinya sudah rusak atau aus juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak lagi dingin. Sebab, membuat pintu kulkas kurang rapat dan akhirnya memberi celah hawa dingin di dalam kulkas keluar.

Karet pintu kulkas memiliki fungsi sebagai perekat antara pintu kulkas dengan bagian pinggiran badan kulkas agar dapat tertutup sempurna. 

Menyimpan Makanan atau Minuman Panas  

Menyimpan makanan atau minuman yang masih panas mengakibatkan suhu dalam kulkas ikut panas. Ini terjadi karena bunga es menjadi mencair dan menyebabkan saluran udara dingin mengalami kerusakan akibat suhu panas yang dihasilkan makanan atau minuman panas tersebut.

Karena itu, hindari menyimpanan makanan adan minuman yang masih panas ke kulkas. Tunggu sampai makanan dan minuman benar-benar dingin. 

Tegangan Listrik yang Tidak Stabil 

Aliran listrik yang masuk ke rumah mempengaruhi kinerja perangkat elektronik, termasuk kulkas. 

Listrik yang tidak stabil bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin, bahkan rusak. 

Agar kompresor kulkas bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan dingin, aliran listrik yang masuk harus stabil. Untuk mengetahui kondisi listrik di rumah, kamu perlu memanggil perusahaan listrik terkait seperti PLN.

Kompresor Rusak 

Kompresor rusak memastikan kulkas menjadi tidak lagi dingin hingga mati. Suara kompresor yang berisik bisa menjadi pertanda terjadinya kerusakan. 

Masalah di Stop Kontak Steker Kulkas 
Stop kontak menjadi perangkat penting untuk mengalirkan sumber listrik ke berbagai barang elektronik. Namun, stop kontak yang tidak berfungsi baik turut mempengaruhi kulkas tidak lagi dingin. 

Untuk memastikannya, coba sambungkan barang elektronik lain ke stop kontak untuk kulkas. Jika bisa berfungsi dengan baik, steker kulkas hanya tidak kencang ketika dipasangkan ke stop kontak.

Adanya Bunga Es di Freezer 

Kulkas yang tidak dingin lagi juga bisa disebabkan tertutup bunga es yang tebal. Bunga es tebal dapat menutupi lubang angin yang fungsinya untuk mendinginkan udara di dalam kulkas. 

Jadi, ketika kulkas dirasa sudah tidak dingin lagi, periksa kondisi dari bunga es pada freezer.


×
Berita Terbaru Update