Notification

×

Iklan

Istri PJ Bupati Muarojambi Zahara Bachyuni Kenakan Batik Tenun Songket

| Juni 14, 2023 WIB

MUARO JAMBI - Dibalut batik tenun songket berwarna hijau, wanita cantik itu berjalan dengan anggun di panggung cat walk layaknya peragawati profesional. Batik songket itu terlihat pas membalut tubuhnya yang tinggi masih terlihat cantik di usianya yang matang.


Beliau adalah Faradillah Bachyuni Deliansyah. Istri tercinta Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah sekaligus Ketua Dekranasda Muaro Jambi. Beliau tampil di acara Fashion Show yang dilaksanakan di Gedung Maulidia Pematang Sulur Kota Jambi dalam acara memperingati HUT ke 43 Dekranasda Provinsi Jambi. Beliau tampil anggun dibalut Batik Songket bermotif Candi rancangan Farida Songket Muaro Kumpeh Kumpeh Ulu Muaro Jambi dan didesain oleh Sang Dewi. Tak sendiri, beliau didampingi Ny Supriati Budhi Hartono istri dari Sekda Muaro Jambi yang turut tampil anggun dibalut batik motif Resam. 


Usai peragaan busana tersebut, kepada media daring ini, Faradillah Bachyuni oun memaparkan filosofi dari motif batik Candi yang dipakainya. Beliau bilang kalau batik songket dengan motif Candi tersebut menjadi salah satu motif andalan dan kebanggan Muaro Jambi. 


"Motif  Candi merujuk kepada bangunan keagamaan, khususnya tempat ibadah peninggalan cagar budaya yang berasal dari peradaban hindu budha. Dimana motif candi dibuat untuk mengenalkan kepada khalayak bahwa adanya suatu situs candi di Provinsi Jambi, khususnya di desa Muara Jambi Kecamatan Marosebo kabupaten Muaro Jambi. Situs ini sebagai bukti simbol peradaban dan pendidikan periode Jambi pada masa kerajaan. Motif Candi juga menggambarkan tingginya kemajuan peradaban di zaman itu," kata Faradilla. 


Tak hanya batik motif Candi, beliau juga memaparkan filosofi yang terkandung di dalam batik motif Resam yang dikenakan oleh Ny. Supriati Budhi Hartono. 


Kata dia, motif Resam merupakan karya milik Eka Wati perajin dari Mendalo Darat. Batik motif resam ini sudah dipatenkan. Batik motif resam yang dipakai oleh Ny Supriati malam ini adalah batik yang dirancang dan dijahit  oleh Sang Dewi, perajin yang beralamat di Jln. Raya Kasang Kota Karang No. 43 Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. 


"Batik motif Resam ini mencerminkan kepribadian seseorang yang  bisa beradaptasi di semua lingkungan, tumbuh subur memberikan manfaat bagi kehidupan. Resam sendiri banyak terdapat di Kabupaten Muaro Jambi. Bahkan motif ini telah dipatenkan HAKI-nya oleh Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi," papar wanita cantik kelahiran 47 tahun silam tersebut. 


Beliau juga bilang, kehadiran mereka di sana, selain untuk memperkenalkan batik songket andalan Muaro Jambi ini, sekaligus turut mempromosikan produk yang sangat bagus ini. Salah satunya juga dengan cara mengikuti pameran yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Dekranasda hari itu. 


Di acara HUT Dekranasda yang turut dihadiri Gubernur Jambi Al Haris, dan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hesti Haris, Dekranasda Muaro Jambi juga turut mengikuti pameran mini guna memperkenalkan produk-produk andalan Muaro Jambi. 


"Oh iya Dekranasda Muaro Jambi juga turut mengikuti pameran mini. Pameran mini ini menampilkan kerajinan batik duo serangkai dan kerajinan atik-atik," kata Sekretaris Dekranasda Muaro Jambi Sudirman. 


Meskipun dengan durasi pameran yang tak lama, namun hasil yang diraih dalam pameran mini tersebut tak mengecewakan. 


"Alhamdulillah meskipun hanya pameran mini dan waktunya juga sebentar namun hasil penjualan cukup baik mencapai Rp5 jutaan," kata Sudirman.

×
Berita Terbaru Update