Notification

×

Iklan

Bupati Anwar Sadat Ikut Rodashow Daring Percepatan Penurunan Stunting

| April 17, 2023 WIB



TANJAB BARAT - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat,M.Ag mengikuti Roadshow Daring Bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) terkait Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Jambi bertempat di Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Barat, Senin (17/4/23).


Roadshow dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto, diikuti Gubernur Provinsi Jambi, Wakil Gubernur Provinsi Jambi, serta seluruh bupati/wali kota se-Provinsi Jambi melalui zoom meeting.


Dalam sambutannya Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP mengatakan, tujuan pertemuan guna mengidentifikasi isu kendala dalam rangka percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.


Ditambahkannya bahwa, salah satu upaya atau strategi yang dapat dilakukan pemerintah dalam penanganan kasus stunting dan kemiskinan ekstrem dengan memaksimalkan pemanfaatan dana desa yang telah diberikan.


“Ada tiga prioritas dalam penggunaan dana desa yaitu ketahanan pangan, kemiskinan ekstrem, dan penurunan stunting, untuk itu dana desa harus dimanfaatkan secara maksimal bagi penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem di Provinsi Jambi”. Ucapnya


Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat,M.Ag melaporkan bahwa pada tahun 2021 dan tahun 2022 Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapatkan peringkat pertama dalam penurunan angka stunting di Provinsi Jambi.


“Alhamdulillah ditahun 2022 angka stunting ditanjab barat 9,9% akan tetapi angka kemiskinan nya turun menjadi 10%, yaitu semula pada tahun 2021 2,85% di tahun 2022 menjadi 1,64%.”jelasnya


Bupati berharap, adanya reward dari Menko PMK bagi Kabupaten yang berhasil menurunkan angka stunting karena pada aspek lain angka stunting di Tanjab Barat berada diposisi ke 2 dari 11 kab/kota se-Provinsi Jambi.


“Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan bahwa sanitasi kami masih cukup rendah yaitu 24,7%, air bersih 37%, Jalan mantap 43% dari 13 kecamatan, 114 Desa, 20 kelurahan dari 336 jiwa diKabupaten Tanjung Jabung barat.” tambahnya


“Mudah-mudahan Tanjung Jabung Barat mendaptkan apresiasi atas kemampuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah melakukan penurunan angka stunting,” tandas bupati


Turut hadir mendampingi Bupati, Unsur Forkopimda/mewakili, Kepala OPD terkait beserta jajaran serta tamu undangan lainnya. (die)

×
Berita Terbaru Update