Notification

×

Iklan

Bupati Tanjabtim Terima Penghargaan IMI Awards 2001-2022

| Februari 24, 2023 WIB


TANJABTIM- Ada enam tokoh selain Jokowi yang diganjar penghargaan bergengsi itu. Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi H Romi Hariyanto salah satunya. Penghargaan bagi Romi diserahkan pada Jumat (24/2) malam oleh IMI Jambi di Willtop Hotel kawasan pasar Jambi.


Presiden Jokowi dinilai sangat besar perannya terhadap kemajuan dunia otomotif Indonesia. Berbagai kebijakan serta dukungan fasilitas yang diberikan pemerintah sangat mendukung tumbuhnya event otomotif dunia masuk ke Indonesia, seperti penyelenggaraan MotoGP, MXGP, Formula E, F1 Powerboat, dan berbagai event balap dunia lainnya. 


Selain Jokowi, peran enam tokoh lain dianggap sangat berperan memajukan otomotif Indonesia. Kiprah para tokoh itu aktif mendorong upaya IMI menggairahkan dunia otomotif di Indonesia. Mereka adalah PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Kemudian Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, The Founder of Legal Street Race Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi H Romi Haryanto.


“IMI Awards diharapkan memacu para atlet olahraga otomotif untuk mengukir prestasi yang lebih baik dalam kancah nasional maupun internasional Sekaligus mendorong semakin banyaknya tokoh untuk menaruh perhatian besar kepada kemajuan olahraga dan mobilitas otomotif di tanah air," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum IMI. Ketua ke-20 DPR itu menyampaikan IMI Awards 2021-2022 juga diberikan kepada para atlet berprestasi juara nasional, juara 2 dan juara 3, terdiri dari olahraga mobil, digital motorsport and mini 4WD, dan olahraga motor.


Romi Hariyanto satu - satunya kepala daerah di luar Jawa - Bali yang menerima IMII Awards 2021 - 2022. Bupoti Tanjung Jabung Timur itu memang dikenal sebagai penggiat otomotif Jambi. Gagasannya soal kemajuan otomotif bahkan ia tuangkan dalam kebijakan. Di Muarasabak, ibukota Kabupaten Tanjabtim, Romi membangun sebuah sirkuit bertaraf nasional. Zabag Nasional Sirkuit. Pada peresmiannya 5 Desember 2021, IMI pusat menggelar Motor Prix Piala Presiden. Berbagai event kemudian juga digelar di sirkuit dengan panjang lintasan 2.500 meter yang memiliki luas lebih 45 hektar. Motorprix Region Sumatera juga digelar di sini pada Oktober 2022 lalu. 


Kepedulian Romi pada otomotif memang tidak main - main. Beragam komunitas otomotif tumbuh pesat di Tanjabtim saat ini. Ada komunitas motor trail, berbagai komunitas sepeda motor bahkan komunitas offroad. Citra Romi yang pro otomotif juga menjadi daya tarik bagi para penggiat komunitas otomotif di luar Tanjabtim. Ia kerab didatangi para penggiat untuk berkoordinasi atau meminta partisipasi dalam berbagai event yang digelar di Tanjabtim maupun di luar Tanjabtim. Perhatian Romi pada kemajuan olahraga otomotif diakui IMI Pusat dengan mengganjarnya IMI Awards 2021 - 2022.


Dikonfirmasi di Jambi, Sabtu (25/2), Romi mengaku terkejut saat IMI menyatakan dia berhak mendapatkan IMI Awards bersama enam tokoh lainnya termasuk Jokowi yang dikukuhkan sebagai Bapak Otomotif Indonesia. Paalya, apa yang dia lakukan terkait kemajuan otomotif selama ini murni karena keinginan memaksimalkan potensi otomotif yang ada di Provinsi Jambi.


Romi melihat potensi itu sangat besar dan harus dielaborasi dengan langkah - langkah yang tepat. Seperti keputusannya membangun Zabag Nasional Sirkuit, murni untuk memberikan saluran bakat - bakat milenial Jambi yang selama ini masih banyak diluapkan di jalanan.


“Sirkuit itu semacam tantangan kepada milenial yang selama ini hobbinya tak tersalurkan. Padahal hobby mereka bisa kita ubah dari sesuatu yang membahayakan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan,’’kata Romi. Dia juga meyakini dengan pengelolaan yang baik maka dunia otomotif khususnya di Jambi mampu memberi kontribusi positif pada kehidupan masyarakat termasuk ekonomi.


 Berbagai gelaran event otomotif selama ini membawa etek positif. “Menjadi instrument baru bagi turut tumbuhnya UMKM yang hadir dalam berbagai event itu, selain itu tentu event - event yang digelar juga mewujud sebagai wadah pengalihan kegiatan yang tadinya unproduktif menjadi produktif khususnya bagi milenial,’’ucap pria 48 tahun itu.


Romi optimis Jambi punya peluang besar untuk diperhitungkan di kancah nasional bahkan internasional. Dia mencontohkan beberapa anak Jambi yang mampu bersaing di event nasional maupun internasional. “Anak - anak Jambi itu hebat, misalnya Agung Septian Alba yang bisa turun laga di tingkat Asia. Bagi kami, tantangan yang tak kalah pentiung uituk dijawab adalah penyiapan bibit - bibit berkualitas agar Jambi kian diperhitungkan,” tutup Romi. (*)

×
Berita Terbaru Update