Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Bupati Anwar Sadat Pimpin Upacara Hari Santri Nasional

| October 22, 2022 WIB

 


TANJAB BARAT - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 yang diikuti ribuan santri perwakilan dari seluruh Ponpes se-Kabupaten Tanjabbar, Sabtu (22/10/22).


Kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Kualatungkal tersebut, turut diikuti juga oleh Wakil Bupati, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Asisten, Staf Ahli, Kepala Kantor Kemenag, Seluruh Kepala OPD, Para Pengasuh Ponpes dan undangan lainnya.


Bacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Bupati sampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.


"Sejak ditetapkan pada Tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda, untuk Tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan," tutur Bupati.


"Maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan ini adalah bahwa santri dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak, santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendharmabhaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," terangnya.


Lebih lanjut Bupati berpesan agar para santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri, selain itu para santri juga diharapkan selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.


"Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin," pungkas Anwar Sadat.


Pada kesempatan yang sama, Bupati dan Wakil Bupati serahkan piala bagi para pemenang turnamen tenis meja dan data EMIS antar Pondok Pesantren se-Kabupaten Tanjabbar.


Kegiatan peringatan hari santri ditutup dengan pelepasan pawai santri yang diikuti oleh perwakilan santri Pondok Pesantren se-Kabupaten Tanjabbar. (die/pro)

×
Berita Terbaru Update