Notification

×

Iklan

Iklan Ketua Aswhaja HUT MJ ke 23

 


Jet-jet Tempur Israel Diduga Berjatuhan, Benarkah Demikian?

| May 23, 2021 WIB

 


PERSROOM.COM, Muarojambi - Beredar sebuah unggahan oleh akun Facebook Bekam Totok Kiropraksi Paz yang menunjukkan pesawat Zionis yang berjatuhan. Hal tersebut dibuktikan melalui video berdurasi lima menit dan sebelas detik yang menunjukkan adanya penembakkan terhadap pesawat tempur yang diklaim merupakan pesawat tempur milik Zionis.


“Pesawat tempur zi0n!s berjatuhan,” demikian narasinya.


Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan video simulasi game perang.


Video tersebut dapat ditemukan pada laman Youtube akun Compared Comparison. Video komparasi yang menunjukkan bahwa video tersebut merupakan video simulasi game peperangan juga diunggah oleh akun Twitter @TretanMuslim.


Senjata yang ada dalam video tersebut merupakan Counter-Rocket Artillery Mortar (C-RAM) dan Close in Weapon System (CIWS). Yang mana, baik Israel maupun Hamas tidak memiliki dua senjata tersebut. Melansir dari laman berita Tempo, senjata militer yang digunakan oleh Israel adalah Iron Dome, Pesawat Tempur F-35, serta Helikopter dan Artileri.


Sedangkan senjata militer yang digunakan oleh Hamas adalah Roket A-120, Rudal S-40, Sistem Roket Multi-Layer (MLRS), Rudal BM-21 Grad, ATGM, Mortir dan Rudal, serta Drone Kamikaze.


Dengan demikian, unggahan akun Facebook Bekam Totok Kiropraksi Paz tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.


Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro), klaim tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan simulasi game perang.


Sumber : viva.co.id

×
Berita Terbaru Update